Cerita Seputar Blog dan Harapan di Hari Blogger Nasional

29 Oct 2015

Dunia digital dan teknologi kian berkembang pesat, salah satu diantaranya media blog yang tengah di gandrungi dan telah menjadi wadah untuk menuangkan kreatifitas bahkan tak sedikit menjadikan sebagai bahan mata pencaharian.

Blog sendiri memiliki pengertian sebuah singkatan dari web log yang berisi dari tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Dimana situs-situs web terkait dapat dikses oleh berbagai pengguna internet.

Saya pribadi belum lama ini menggeluti blogging sebuah dunia baru yang saya kenal dan ternyata mengasyikan. Walaupun awalnya media blog hanya di peruntukan untuk kepentingan pribadi lambat laun semakin jauh mengenal dan bergabung dengan beberapa komunitas dengan blog pun bisa membawa perubahan ke arah yang lebih positif.

Saya sendiri baru mengetahui bahwa tanggal 27 Oktober kemarin diperingati sebagai hari blogger nasional dan sudah berjalan delapan tahun. Wah, jika di telisik dari sejarahnya kegiatan blog saya ini masih seumur jagung.

Atitude dalam menulis di blog memang tidak di jabarkan gamblang secara umum, namun yang masih menjadi permasalahan utama adalah terjangkitnya ‘penyakit copy paste tanpa tanggung jawab”. Dimana dari situs blog satu dan yang lainnya hampir memiliki isi postingan yang sama dan beberapa blogger sebagai penggagas utama kerap geram dengan sikap penulis blog lain yang mengekor tanpa menulikan sumber. Alangkah baiknya dalam dunia digital patut untuk mengontrol segala tindak laku dan kata maupun tulisan, terlebih kini internet positif semakin di galakan.

Menurut berbagai sumber menyatakan sejarah hari blogger nasional ini pertama kali di canangkan oleh Bapak Muhammad Nuh pada tanggal 27 Oktober 2007 yang menjabat sebagai menteri komunikasi dan informasi RI kala itu pada event pembukaan pesta blogger akbar.

Diakui, saya cukup menikmati blogging lantaran dahulu saya sempat memiliki minat untuk berprofesi sebagai seorang jurnalis namun karena kendala satu dan lain hal itu hanya menjadi sekedar keinginan.

Melalui blog, saya bisa merasakan layaknya seorang jurnalis dengan membuat reportase dengan cara menyenangkan tanpa aturan yang ketat, tanpa prosedur yang rumit bahkan kerap kali mendapat bingkisan ataupun hadiah dan tentu saja yang paling berkesan bertemu serta mengenal banyak orang-orang hebat baik dari blogger lain maupun narasumber dari suatu event yang di hadiri.

Lewat blog juga, kegemaran saya menulis pun tetap dapat tersalurkan. Menuliskan rekam jejak suatu perjalanan tak hanya sekedar melalui gambar namun bisa bercerita melalui tulisan.

Sebuah harapan di hari blogger nasional adalah lebih mengembangkan potensi menulis juga dapat menjadi blogger yang lebih produktif dan tak dapat di pungkiri ingin seperti blogger pendahulunya bisa memperoleh pendapatan dari blog. Tentu pasti akan sengat menyenangkan mempunyai penghasilan dari apa yang di gemari. Serta tidak menutup kemungkinan bisa memperoleh banyak kesempatan memenangkan berbagai kompetisi blog.

 

 


TAGS Event


-

Author

Follow Me