Pentingkah Sebuah Headline ??

23 May 2016

Sebuah kebanggaan ketika seorang penulis yang mengukir karyanya dalam sebuah media entah cetak maupun berbasis online ketika bertempatkan pada urutan terbaik dan teratas atau kita mengenalnya dengan istilah headline. Jika di telaah, pentingkah sebuah headline sebenarnya ? Dalam penerapannya secara umum pertimbangan posisi tulisan kerap kali menjadi tolak ukur bagus atau tidaknya sebuah artikel.

Pernah beberapa kali berkesempatan artikel yang di tuliskan masuk dalam headline blogdetik, rasa puas dan senang tentu di rasakan terlebih blogdetik merupakan media lokal yang memfasilitasi blogger untuk berkarya dan tetap aktif menulis membagikan serta menyampaikan segala ide dalam fikiran maupun penyampaian informasi.

Satu hal yang pasti ketika sebuah artikel masuk dalam posisi headline maka tidak dapat di pungkiri dengan jumlah viewernya yang lebih banyak di banding artikel tulisan lainnya yang tidak bertengger di headline. Informasi yang kita sampaikan dalam tulisan pun lebih mengena dan lebih luas di ketahui serta di baca banyak orang.

Lalu adakah cara agar tulisan artikel kita bisa sering bertengger di headline ? menurut saya faktor utama sudah tentu adalah keberuntungan di samping tentu saja apa yang kita sampaikan aktual dan mendalam dan tepat sasaran dengan isu yang sedang hangat di perbincagkan. Di bumbui judul yang menarik bahkan saya sering kali menemukan dengan judul yang bombastis dan terkesan hiperbola. Buatlah sebuah judul yang menarik perhatian hingga menimbulkan rasa penasaran bagi pembaca dan kemudian membangkitkan keingintahuan tentang tulisan yang hendak kita sampaikan.

Berlatih menulis dan terus menulis setiap saat akan membentuk kemampuan seseorang untuk lebih terampil dalam merangkai kata dan penyampaian sebuah informasi. Penulisan yang tepat akan membentuk branding karakter dari penulis tersebut yang kemudiannya bukan tidak mungkin menggiringnya pada pundi-pundi penghasilan yang fantastis. Menurut para ahli konten marketing ada 4 trik jenis penulisan headline yang bisa menarik perhatian untuk dibaca pengunjung :

1) “How to” diartikan dengan “cara” atau “bagaimana”. Yakni sebuah tulisan dengan membuat kalimat penyertaan “Bagaimana Cara” dan hal ini ini disukai oleh banyak pembaca karena menggambarkan sebuah manfaat tulisan. Jenis tersebut juga bisa menggugah rasa ingin tahu pembaca karena bisa memberi kesempatan bagi pembaca untuk mempelajari sesuatu dalam lima menit atau bisa kurang. Tambahkan kata-kata yang powerful ke artikel tulisan untuk membuat pengunjung berpikir dua kali agar tidak melewatkannya, trik semacam ini cukup ampuh menarik minat pembaca lantaran biasanya menjajikan konten yang jelas.

2) Be afraid headline adalah headline yang dapat memotivasi pembaca dari sebuah ketakutan. Sebagai contoh ” Sering Sulit Tidur ? Awas Gejala Sakit Parah Mengintai.” Judul semacam itu seperti menakut-nakuti, tetapi pembaca pada akhirnya juga mengklik artikel tersebut hal ini dikarenakan biasanya pembaca di dorong oleh rasa ingin tahu apakah mereka aman atau tidak dari topik yang sedang dibahas dari artikel tersebut.

3)Calm Down headline adalah headline yang mempersembahkan sebuah pemecahan masalah. Tidak perduli siapa dan dari jabatan apa kita akan selalu merasa tidak akan cukup dalam mekerjakan sesuatu dan ada sesuatu yang salah dalam tindakan kita. Sebuah artikel jenis ini dengan penyertaan judul yang seakan menawarkan sebuah solusi secara tidak langsung telah membantu pembaca agar membuat hidupnya atau pekerjaannya menjadi lebih mudah, produktif dan lebih efisien.

4) Numbering Headline yakni menyisipkan angka dalam judul sebuah artikel umumnya cukup menarik minat pembaca di samping sebuah penyajian tulisan yang menawarkan sejumlah alasan, rahasia, tips. Umumnya akan menarik perhatian pembaca dan dengan memberikan angka tersebut, telah memberi kesan bahwa penulis telah menguasai kontent artikel yang di buatnya.

Tidak ada yang langsung menjadi sempurna termasuk dalam menulis, perhatikan artikel yang mendapatkan paling banyak social share pada media sosial atau yang paling banyak mendapatkan backlink. Perhatikan pola artikelnya yang menghasilkan konsistensi, kemudian ikuti dan pelajari buatlah atikel yang menarik dan sarat akan manfaat kepada pembaca, harus tetap melalukakan sebuah perbaikan untuk cipta karya yang lebih baik di kemudiannya.

Dari sekian juta kosa kata yang ada di dalam kepala kita, ada 8 kata yang paling penting dan mempengaruhi apakah sebuah artikel yang kita buat akan mendapat perhatian atau tidak, 8 kata yang paling penting itu adalah headline.


TAGS Event headline blogdetik artikel postingan


-

Author

Follow Me