Perlekapan Primer Seorang Blogger

5 Sep 2016

Sebelum jauh mengenal dunia blogging, saya mengira seorang blogger hanya butuh komputer/pc semata. Namun, semakin jauh mengenal banyak hal yang diperlukan untuk menunjang aktifitas blogging tersebut. Berhubung yang saya miliki masih cukup sederhana, dan berikut adalah beberapa hal inti yang setidaknya dimiliki seseorang blogger.

1.  Laptop/ Komputer/ PC

Menggunakan perangkat lebih memudahkan untuk berselanjar dan menjalankan aktifitas blog sebagaimana biasanya, karena jangkauannya lebih luas dan tidak terbatas. Sebab ada beberapa aplikasi atau situs yang hanya bisa diakses melalui perangkat.

2. Smartphone

Semakin perkembangan teknologi, telepon genggam kini bisa mencakup segalanya. Lebih praktis, setidaknya saya menggunakan smartphone ini ketika ada liputan atau event blog bisa untuk mencatat, mengambil gambar dengan kamera yang kini perusahaan smartphone semakin bersaing memberikan kelebihan kualitas, merekam video atau ketika berperan menjadi buzzer lewat akun media social seperti twitter, instagram dan facebook.

3. Modem

Seperti yang sering saya gunakan yakni modem USB atau flashdisk, sesuai namanya, memang sengaja dirancang dengan ukuran kecil, sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana. Fungsinya untuk keperluan internet mobile, mengakses internet dalam kondisi yang berpindah-pindah atau kondisi sementara. Lebih memudahkan ketika ingin berselancar di jagat maya, untuk jaringannya pun umumnya menggunakan sim card seluller.

4. Paket Data

Untuk era saat ini internet sudah seakan menjadi kebutuhan pokok hampir di semua kalangan. Karena informasi yang didapat lebih cepat dan praktis, saya jadi teringat dengan gurauan meme comic ketika santer harga rokok akan dinaikan. “Tidak mengapa harga rokok naik asalkan paket data internet tetap murah” begitulah kira-kira beberapa kalimatnya.

Tak terkecuali dengan seorang blogger, yang aktifitas kseharian erat kaitannya dengan media online sehingga paket data sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan blogging.

5. Catatan dan Pena

Meskipun sudah cukup terbantu dengan aplikasi di smartphone ada kalanya sebuah catatan di butauahkan. Terutama ketika hal terdesak seperti baterai yang low dan diperjalanan sedang ada insipirasi yang bisa menjadi bahan tulisan. Sebuah ide harus segera direkam. Dicatat agar tidak memuai. Untuk itulh buku catatan dan pena kerap kali selalu menjadi list bawaan dalam tas.

6. Power Bang

Smartphone yang canggih masih banyak yang tidak di dukung dengan kapasitas baterai yang mumppuni terlebih ketika harus menghadiri event seharian penuh. Seorang blogger umumnya aktif dalam menyebarkan informasi dengan smartphone nya, setidaknya ketika tidak menemukan colokan listrikk untuk charge handphone, powerbang cukup membantu dalam beraktifitas.

Setiap individu memiliki kebutuhan berbeda, setidaknya apa yang telah saya sebutkan di atas adalah hal-hala kebutuhan perlengkapan inti yang umum di perlukan seorang blogger. 


TAGS blog blogger


-

Author

Follow Me